BUNGA TERMURAH - BIAYA TERMURAH !!!! BUKTIKAN       HARGA CASH & KREDIT SAMA         HATI - HATI..!!! TERHADAP PIHAK YANG MENGATASNAMAKAN NEW OMEGA MOBIL BANDUNG (WWW.OMEGAMOBIL.COM) - JUALMOBIL.CO.ID      

konsultasi gratis kendaraan


SALES COUNTER


JAM BUKA SHOWROOM

Senin08:00 sd 17:00
Selasa08:00 sd 17:00
Rabu08:00 sd 17:00
Kamis08:00 sd 17:00
Jumat08:00 sd 17:00
Sabtu08:00 sd 17:00
Minggu ke 2 & 410:00 sd 15:00
Hari Libur *10:00 sd 15:00
Minggu ke 1 & 3Tutup

MOBIL BEKAS DIJUAL

Anda Dapat melakukan Transaksi dengan menggunakan kartu ::

OMEGA MOTOR VIDEOS

BERITA : Tekanan ideal Ban mobil

Omega Mobil Tekanan ideal Ban mobil

Sudah menjadi hal wajib bagi pengemudi untuk mengetahui tekanan ideal ban kendaraannya. Tekanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan mobil tidak hanya mencederai poin pengendalian dan kenyamanan, namun juga berbahaya bagi keselamatan.

Indeks tekanan ban dapat dilihat pada buku manual atau pada panel pintu pengemudi yang biasanya tercantum di pilar B. Namun yang tertera di situ adalah tekanan ban standar, sedangkan jika ban mobil sudah diganti dengan ukuran berbeda, otomatis tekanan udara yang diisikan harus berbeda pula.

Tidak sedikit pemilik mobil yang melakukan penggantian ban demi alasan kepraktisan maupun keindahan. Dan tak jarang pula digunakan ban dengan diameter overall lebih besar dari standar (inch up) atau mengecil, dengan profil ban yang lebih tebal atau tipis, juga dengan tapak yang semakin lebar atau malah menyempit.

Intinya, petunjuk yang diberikan oleh Buku Pedoman Pemilik Kendaraan sudah tidak berlaku lagi, mengingat spesifikasi ban yang digunakan sudah tak sama dengan standar.

Misalnya Nissan Grand Livina yang ban standarnya berukuran 185/65 R15 88H. Dengan mobil diisi 3 orang, tekanan yang direkomendasikan oleh ATPM Nissan adalah 35 psi untuk roda depan dan belakang.

Bila sang pemilik mengganti ban dengan ukuran 215/45 R17 87V, berapakah tekanan angin idealnya? Patokannya selalu bertolak dari alasan agar ban mampu menopang bobot yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil. Karena pihak pabrikan telah melakukan riset dan memperhitungkan ukuran yang paling tepat bagi produknya. Tak lupa untuk perhatikan kode load index (indeks beban) dari ban tersebut, kemudian cocokkan dengan tabel load index.

Indeks beban dapat dilihat dari dua angka terakhir sebelum simbol huruf. Untuk ban standar Grand Livina, load index-nya adalah 88. Di tabel terlihat kode 88 menandakan ban yang bersangkutan mampu menopang beban hingga 560 kg jika diisi dengan tekanan 35 psi.

Sedangkan ban yang baru memiliki kode load index 87. Berdasarkan tabel, jika diisi dengan tekanan 35 psi ban ini memiliki kemampuan menanggung beban hingga 545 kg. Dari sini terlihat ban yang baru harus disesuaikan agar mampu mencapai beban maksimum seperti ban sebelumnya.

Pada tabel, agar ban 215/45 R17 87V dapat mencapai beban maksimum – atau setidaknya mendekati – 560 kg adalah jika diisi dengan tekanan 37 psi. Dengan tekanan ini ban baru yang digunakan mampu menopang beban sebesar 561 kg.

Apa saja yang perlu diperhatikan?
• Pastikan untuk mengukur dan mengisi ban ketika suhunya dingin.

• Meskipun tidak selalu demikian, namun ban dengan profil yang lebih tipis biasanya memiliki kode indeks beban yang lebih kecil. Sehingga Anda harus melakukan langkah penghitungan ulang jika mobil hendak diisi dengan beban ekstra.

• Load index berhubungan langsung dengan tekanan angin ban. Sebuah ban yang memiliki load index 88 mampu mengusung 560 kg dengan tekanan 35 psi. Ketika tekanan anginnya turun menjadi hanya 30 psi, maka beban yang mampu ditopangnya berkurang menjadi 520 kg.
Kemampuan setiap ban standar Nissan Grand Livina untuk menopang bobot seberat 560 kg, jika dikali 4 (seluruh roda) menghasilkan angka 2.240 kg. Bisa jadi akan timbul pertanyaan. Mengapa Nissan Grand Livina yang bobot kosongnya (curb weight) hanya 1.250 kg harus diisi tekanan angin yang dibutuhkan untuk bobot 2 ton lebih?

Untuk menjadikan sebuah mobil layak jalan maka diperlukan aneka fluida seperti oli mesin, transmisi, cairan radiator, air washer wiper, dan tentunya bahan bakar. Hitungan kasarnya, semua zat cair tersebut menambah berat 100 kg. Lalu ditambah penumpang 3 orang dengan asumsi 60 kg per orang, maka ada tambahan lagi 180 kg.

Sehingga total dengan tambahan ini bobot Grand Livina adalah 1.530 kg. Angka ini masih terpaut 710 kg dari 2,24 ton yang menjadi kemampuan maksimum ban. Namun masih ada beberapa faktor yang perlu diperhitungkan.

Angka itu merupakan kalkulasi ATPM untuk memenuhi kebutuhan mobil agar mencapai performa optimalnya. Terutama untuk mendapatkan Self Aligning Torque (SAT), handling, respons kemudi, dan kinerja rem yang baik. blog.purimobil.com

car review

BACA JUGA


Site Information

    Terima kasih anda sudah mengunjungi website kami. Untuk kritik dan saran silahkan Email ke omegamobil78@gmail.com