car review

JUAL BELI MOBIL

TOYOTA YARIS

Toyota yaris adalah mobil berjenis hatchbackkecil yang diproduksi oleh pabrikan Toyota motor corporation. Mobil buatan Toyota ini pertama kali diproduksi di Eropa pada1999 dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan untuk mampu dan bersaing dalam pasaran Eropa. Toyota Yaris ini didesain dengan performa mesin, jaminan keselamatan, dan konsumsi bahan bakar yang optimal seperti standar yang ada di negara-negara Eropa. Jual beliĀ  mobil Toyota

Pada 2000, Yaris berhasil mendapatkan penghargaan dari European Car of The Year Award. Selain itu, mobil ini juga mendapat pengakuan sebagai standar model kendaraan compact two box di Amerika Utara dan di negeri Toyota corporation berasal, yaitu Jepang. Mobil tipe Yaris yang dipasarkan di wilayah Eropa mengalami perakitan di negara Perancis, sedangkan Toyota Yaris yang akan di pasarkan pada wilayah Asia dirakit di negara Thailand.

Yaris ini dirancang oleh Toyota corporation sebagai pengganti dari Toyota Starlet yang sudah lama beredar di pasaran. Nama Yaris sebenarnya hanya dikenal dalam pasaran Eropa. Untuk pasaran pada wilayah lain, mobil ini dikenal dengan nama Echo Hatchback. Namun tetap saja di Indonesia kita lebih senang menyebutnya Toyota Yaris.

Toyota Yaris Generasi Pertama

Generasi pertama dari Yaris ini dirakit di beberapa tempat, di antaranya di Guangzhou China, Valenciennes Prancis dan Toyota, dan Aichi Jepang. Mesin yang digunakan pada generasi pertama ini adalah tipe 1SZ-FE dengan kapasitas 1000 cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE dengan kapasitas 1300 cc, atau 1NZ-FE dengan kapasitas 1500 cc bensin. Sementara jenis mesin diesel 1ND-TV 1400 cc hanya tersedia di wilayah Eropa.

Untuk pasaran wilayah Jepang, mobil Yaris atau yang biasa disebut Vitz tersedia dalam trim level B, F, U, Clavia, dan RS. Tipe mobil Clavia adalah model mobil yang memiliki gaya klasik, sedangkan tipe RS adalah mobil dengan model sporty. Vitz RS hadir dengan grille jaring, body kit, dan interior sporty yang menawan. Mobil yang sejenis dengan Vitz RS di Eropa disebut dengan nama Yaris T-Sport, Echo RS di negara Canada, atau Echo Sportivo di negara Australia.

Toyota Yaris Generasi Kedua

Perakitan Yaris generasi kedua ini pertama kali dilakukan di Jepang pada 2005. Selanjutnya mulai dipasarkan ke seluruh belahan dunia pada 2006. Tapi untuk generasi kedua ini, perakitannya bukan hanya di Jepang, melainkan sudah ada juga di beberapa negara lain seperti Perancis, Cina, Indonesia, Thailand, dan Taiwan.

Untuk pasaran Amerika Serikat, line up Yaris terdiri atas Yaris Liftback yang memiliki 3 pintu, Yaris Hatchback dengan 5 pintu, dan Yaris Sedan atau sering disebut dengan nama Vios. Semua mobil Toyota Yaris tersebut menggunakan mesin dengan kapasitas 1.5 liter 1NZ-FE.

Untuk pasaran Indonesia, Yaris pertama kali resmi diluncurkan pada kisaran tahun 2006 dengan model seri E yang memiliki transmisi otomatis maupun menggunakan transmisi manual. Selain versi E, terdapat juga mobil Yaris dengan versi S mapun seri S Limited. Mobil dengan versi S tersebut semuanya menggunakan transmisi otomatis.

Yaris versi S ini dilengkapi dengan body kit dan lampu kabut, sedangkan untuk versi S Limited dilengkapi dengan Push button start / stop. Namun semua versi tersebut menggunakan model mesin yang sama, yaitu mesin dengan kapasitas 1500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang sama digunakan pada mesin mobil Toyota Vios.

Pada 2009, Toyota Yaris mengeluarkan versi facelift dengan grille, bumper depan, dan lampu belakang model baru. Model dasar dari Yaris yaitu versi J dipasarkan dengan harga di bawah versi E, karena untuk versi J mobil ini tidak dilengkapi dengan SRS airbag. Sedangkan untuk pasaran Negara Singapura mobil ini hanya mengeluarkan satu versi saja yaitu Yaris 1.5 E yang hanya menggunakan transmisi automatic.

Toyota Yaris Keluaran Generasi Ketiga

Generasi ketiga dari mobil Yaris ini dirakit di negara asalnya, yaitu Jepang. Perakitan dimulai sekitar tahun 2010 dan direncanakan akan mulai dipasarkan ke seluruh pasaran dunia pada 2011. Mobil generasi ketiga ini mulai diperkenalkan untuk pasaran wilayah Jepang pada kisaran Desember 2010.

Mesin yang digunakan oleh mobil ini di Jepang memiliki kapasitas 1.0, 1.3, dan 1.5 liter bensin. Toyota Yaris generasi ketiga ini yang dipasarkan untuk wilayah Eropa memakai mesin jenis common rail diesel 1.4 liter. Sampai saat ini, mobil yang diproduksi dan dijual di pasaran dunia masih sampai generasi ketiga.

Mobil Yaris ini secara kontinu selalu mengalami penyempurnaan, baik bagian luar maupun bagian dalam dari mobil tersebut. Biasanya sebelum generasi berikutnya diluncurkan, pabrikan mobil ini hanya melakukan facelift pada mobil keluaran terbarunya.

Sebagian orang berpendapat bahwa Yaris merupakan mobil keluarga yang ideal dan terbaik di Indonesia, dengan model hatchback. Istilah hatchback ini sebenarnya merujuk pada desain mobil yang memiliki kabin penumpang berpadu dengan ruang tambahan, dengan pintu belakang mobil yang model flip top atau model pintu buka ke atas.

Pada umumnya, Toyota Yaris ini memiliki dua baris kursi. Kursi bagian belakang bisa dilipat ke bawah untuk menambah ruang kargo agar menjadi lebih luas. Desain interior dan eksterior mobil ini memiliki daya pikat tersendiri bagi para konsumen, terutama konsumen di Indonesia, karena setiap peluncuran generasi baru mobil ini selalu mengalami pemolesan di sana-sini agar semakin menawan.

Tidak mengherankan jika Yaris ini mendapat penghargaan di wilayah Eropa. Mobil ini benar-benar dirakit dan dibuat dengan berbagai standar serta prosedur yang sudah ditetapkan untuk pasaran seluruh dunia.

Cara Perawatan dan Pemeliharaan Toyota Yaris

Sampai saat ini, Yaris menjadi salah salah satu pilihan mobil keluarga yang masih sangat diminati oleh banyak kalangan di Indonesia sehingga banyak diburu oleh para pecinta otomotif. Perawatan dari mobil ini sendiri tergolong relatif mudah dan murah.

Tune up berkala pada Toyota Yaris ini sebaiknya dilakukan setiap 50 ribu kilometer. Sebaiknya ada beberapa spare part yang juga harus dilakukan penggantian, semisal filter oli, oli transmisi, busi, dan minyak rem. Penggantian spare part tersebut untuk menjaga kualitas mesin agar tetap awet dan enak saat dikendarai.

Untuk perawatan Toyota Yaris model matic, selain cara di atas juga perlu dilakukan pengecekan pada kampas rem. Pengecekan sebaiknya dilakukan setiap 10 ribu km. Mobil yang menggunakan transmisi matik ini biasanya lebih cepat habis bila dibandingkan dengan mobil yang menggunakan trasnmisi manual karena frekuensi menginjak rem lebih tinggi bila dibandingkan versi yang manual.

Untuk Toyota Yris yang sudah mencapai usia sekitar 4 atau 5 tahun, sebaiknya dilakukan pengecekan pada sistem saringan bensin atau filter bensin. Kerusakan pada filter bensin ini akan berimbas pula pada kerusakan sistem injeksi pada mesin jika tidak segera diatasi.

Jika perawatan dan pemeliharaan ini biasa dilakukan secara teratur dan berkala, kemungkinan terjadinya kerusakan mesin yang fatal bisa dihindari. Mobil juga akan lebih awet dan memiliki usia yang relatif panjang. Jika tidak punya bengkel langganan yang Anda percayai, untuk perawatan Toyota Yaris yang lebih terjamin, sebaiknya mempercayakan hal tersebut kepada bengkel resmi milik Toyota. (anneahira.com)


UNTUK KETERSEDIAAN " TOYOTA YARIS " Hubungi : Ratih OmegaMobil

HP : 022 95270078

OMEGA melayani proses kredit leasing di seluruh wilayah Indonesia selama leasing tersebut memiliki cabang di wilayahnya.
Current Incentives
Refinancing Solution

Refinancing Solution

Current Incentives
Dapatkan Service Bengkel Resmi *

Layanan Service dan Bengkel Resmi. Syarat dan ketentuan berlaku *

Current Incentives
Trade In Kendaraan *

Harga Beli tinggi untuk mobil berkualitas. Syarat dan ketentuan berlaku*

Site Information

    Terima kasih anda sudah mengunjungi website kami. Untuk kritik dan saran silahkan Email ke omegamobil78@gmail.com