BUNGA TERMURAH - BIAYA TERMURAH !!!! BUKTIKAN       HARGA CASH & KREDIT SAMA         HATI - HATI..!!! TERHADAP PIHAK YANG MENGATASNAMAKAN NEW OMEGA MOBIL BANDUNG (WWW.OMEGAMOBIL.COM) - JUALMOBIL.CO.ID      

konsultasi gratis kendaraan


SALES COUNTER


JAM BUKA SHOWROOM

Senin08:00 sd 17:00
Selasa08:00 sd 17:00
Rabu08:00 sd 17:00
Kamis08:00 sd 17:00
Jumat08:00 sd 17:00
Sabtu08:00 sd 17:00
Minggu ke 2 & 410:00 sd 15:00
Hari Libur *10:00 sd 15:00
Minggu ke 1 & 3Tutup

MOBIL BEKAS DIJUAL

Anda Dapat melakukan Transaksi dengan menggunakan kartu ::

OMEGA MOTOR VIDEOS

BERITA : Emergency Tool Kit, Penting Saat Kondisi Genting

Omega Mobil Emergency Tool Kit, Penting Saat Kondisi Genting

otomotifnet.com Dalam melakukan perjalanan jauh seperti libur Lebaran, semua orang tentunya tidak mengharapkan terjadi hal buruk. Bagi yang menggunakan kendaraan, persiapan sebaiknya dimulai dari pemeriksaan atau perawatan rutin.

Kalau sudah yakin kondisi kendaraan prima dan siap jalan, jangan lupa siapkan juga perlengkapan penting. Kerusakan atau kegagalan teknis tak terduga dalam perjalanan jauh bisa saja terjadi. Hal ini bisa saja dialami, mengingat kondisi jalan yang dilalui bervariasi dan kondisi lalu lintas yang sering macet, serta cuaca yang tidak menentu.

Berbagai hal yang tidak diinginkan dapat diantisipasi jika kendaraan dibekali beberapa tool kit standar buat keadaan genting. Terutama buat mobil yang sudah tua di atas 12-15 tahun karena sudah rentan.

Nah, emergency tool kit apa saja yang perlu disiapkan dan dibawa?

Towing Strap

Buat jaga-jaga jika mobil mogok di tengah jalan dan harus dibawa ke bengkel terdekat. Ada yang terbuat dari bahan nilon dan baja, panjang dan kemampuan menarik bebannya juga berbeda-beda. Pilih strap yang warnanya terang agar mudah terlihat dan kemampuan menariknya disesuaikan kebutuhan kendaraan Anda.

“Bagusnya bahan anyaman nilon dan bentuknya pipih seperti seatbelt. Kalau plastik mudah putus atau lepas, misal saat digunakan strap kelindas ban,” kata Wagiyono. Selain model pipih, ada juga anyaman model bulat namun kuat.

Lampu Senter

Senter sangat diperlukan saat melakukan perbaikan di malam hari, seperti kempis ban atau mogok, bisa juga untuk mencari sesuatu di dalam mobil misal ada barang yang jatuh.

Sekarang banyak ukurannya yang simpel dan penggunaannya praktis. Asyiknya lagi, banyak yang sudah menggunakan lampu jenis LED, juga yang baterainya bisa dicas lewat lighter di mobil. Lainnya, ada senter yang dilengkapi logam untuk pemecah kaca dalam kondisi darurat seperti pintu dan kaca jendela tidak bisa dibuka dari dalam.

Penetran

Penetran berfungsi menetralisir karat pada bagian-bagian yang bergesekan dan rawan karat seperti baut, engsel dan lainnya, sehingga mudah untuk dibuka. Silikon lebih untuk melumasi suatu bagian agar kerjanya lancar, seperti karet kaca.

“Kalau terdengar bunyi kurang mengenakkan saat kaca mobil naik-turun, semprotkan silikon di jalur karetnya,” saran Achonk, spesialis power window di Ciledug, Tangerang. Tak perlu menunggu bunyi, semprotkan saja silikon di karet kaca secara rutin agar kerjanya tetap maksimal.

Sedangkan jika sedang bongkar-bongkar, biar enak sebelum membuka baut semprotkan dulu cairan penetran agar lebih mudah dibuka dan mencegah drat baut slek.

Dongkrak dan Kunci Roda

Wajib selalu ada dan harus diperhatikan keberadaannya di dalam mobil. Seandainya tiba-tiba ban bocor atau kempis di jalan, bisa langsung dieksekusi. Dongkrak ada yang standar bawaan mobil atau hidraulic floor jack (disebut dongkrak buaya).

“Sebaiknya gunakan dongkrak buaya karena dapat menopang bobot mobil dengan baik,” jelas Rahmat dari Karya Per, spesialis kaki-kaki di Pondok bambu, Jaktim. Setidaknya pilih yang dapat menahan bobot 2 ton ke atas.

Untuk kunci roda, ada yang berbentuk plus dengan beragam ukuran 17, 19, 21, 23. Jika pilih yang berbentuk L, torsi yang didapat lebih baik jadi akan lebih mudah membuka baut roda.

Repair Kit

Banyak macam yang mesti dibawa, namun tak makan tempat. Seperti lem besi, power glue, lakban, insulock (cable ties), kawat kecil, “Gunanya untuk antisipasi bila ada kebocoran oli, air, kaca pecah, lampu lepas, karet kendur, bracket patah dan sebagainya,” jelas Usman Adie, Techical Manager Toyota Team Indonesia.

Juga gunting, cutter, ditambah sedikit tools seperti obeng – dan +, kunci 10, 12, 14 (buat buka tutup aki, tutup saringan udara), tang dan kunci busi. Disarankan pula membawa perkakas tambal tubeless dan pompa mini, jika ban kempis di tengah jalan bisa cepat diantisipasi tanpa harus menunggu bantuan bengkel. Fend

Fungsinya sangat vital jika terjadi insiden yang berhubungan dengan api. Yang banyak digunakan ada 2 jenis, spray yang tinggal semprot saja dan yang berbentuk seperti selimut atau istilah kerennya fire blanket.

Pemadam Api

“Pemadam baiknya ditaruh di tempat yang tersembunyi namun mudah dijangkau, seperti di bawah jok pengemudi,” jelas Yono, karyawan In Jaya Motor yang menjual berbagai spare part mobil di Jatiwaringin, Bekasi.

Untuk yang berjenis spray, harus rutin dicek kinerjanya tiap beberapa bulan sekali, agar spray-nya tidak mampet.

Sedangkan fire blanket, bagus digunakan untuk wilayah yang luas. Karena memiliki ukuran besar, yakni 1,2 x 1,2 meter. Penggunaannya tinggal tutup saja area yang terbakar pakai alat yang menyerupai selimut ini.

Kain Lap

Setidaknya siapkan dua jenis kain lap, yakni chamois dan kain lap biasa yang teksturnya halus dan bersih. Kalau tekstur kain lap agak kasar, bisa menimbulkan baret halus di bodi.

“Kain lap yang memiliki tekstur halus itu seperti kaus kutang (singlet) yang biasa dipakai laki-laki, itu bagus buat mengelap bodi,” ungkap Jack, dari Ravanza car wash & salon di Cilangkap, Jaktim.

Lap ini juga sering digunakan salon mobil untuk memoles bodi jika tidak ada lap microfiber.

Buat yang ingin bepergian jarak jauh seperti liburan, lap chamois termasuk wajib dibawa. Bisa digunakan membersihkan kaca depan yang kotor agar pandangan tidak terganggu. Tentunya harus dalam keadaan basah.

car review

BACA JUGA


Site Information

    Terima kasih anda sudah mengunjungi website kami. Untuk kritik dan saran silahkan Email ke omegamobil78@gmail.com